Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Tata kerja atau metode adalah suatu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktuyang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula. Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya dan sangat penting bagi kegiatan manajemen. Organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen. Fungsi dari organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan.
Pada dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu organisasi dalam arti statis dn organisasi dalam arti dinamis. Terdapat hubungan yang erat antara manajemen , organisai dan metode (tata kerja). Manajemen , organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien. Efisiensi adalah perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh atau output dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber dan waktu yang digunakan. Kalau dirumuskan efisiensi = output dibagi input.
Organisasi menurut bentuk-bentuknya terbagi menjadi enam yaitu bentuk organisasi staff, bentuk organisasi lini , bentuk organisasi fungsional , bentuk organisasi fungsional & lini , bentuk organisasi fungsional & staff, bentuk organisasi lini & staff. Organisasi lini, pembagian tugas dan wewenang terdapat perbedaan yang tegas antara pimpinan dan pelaksanaan. Peran pimpinan dalam hal ini sangat dominan karena semua kekuasaan berada di tangan pimpinan. Hal tersebut dapat menyebabkan pelaksanaan kegiatan yang utama adalah wewenang dan perintah. Kelemahan dalam organisasi lini adalah kurang manusiawi, karena pelaksana tugas bawahan hanya dipandang seperti robot yang senantiasa siap melaksanakan perintah. Jika dibandingkan dengan bentuk Organisasi Staf (Staff Organization), dalam bentuk organisasi ini, tidak begitu tegas garis pemisah antara pimpinan dengan staf pelaksana. staf tidak hanya berperan sekedar pelaksana perintah pimpinan namun disini staf berperan sebagai pembantu pimpinan.
Organisasi Lini dan Staf adalah bentuk gabungan kedua jenis organisasi yang terdahulu disebutkan (line dan staf). pada organisasi ini staf bukan sekedar pelaksana tugas tetapi juga diberikan wewenang untuk memberikan masukan demi tercapainya tujuan secara baik.
Secara garis besar terbentuknya organisasi memiliki tiga unsur yaitu orang-orang, kerjasama dan tujuan bersama-sama . Jika salah satu unsur tersebut tidak ada, maka organisasi tersebut akan mengalami hambatan. Namun ketiga unsur tersebut juga masih didukung dengan peralatan (Equipment), lingkungan, kekayaan alam , kerangka atau konstruksi mental organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar